Logbook KKN Hari Ke-18
Laporan Kegiatan Harian KKN UIN
Sunan Gunung Djati Bandung
Jenis KKN :
KKN Reguler Sisdamas
Hari :
Kamis
Tanggal :
7 Agustus 2025
Kegiatan : 1. Mengajar di SDN 4 Pasirwaru
2. Pendistribusian Beras Bulog di Kantor Desa
untuk Warga Desa Pasirwaru
3. Observasi Kesenian Badawang di Desa
Pasirwaru
4. Mengajar Mengaji di Musholla Aber
5. Sholat Berjamaah dan Membaca
Al-Quran Bersama di Posko KKN 139
Deskripsi :
Pagi hari tanggal 7
Agustus 2025, kami kelompok KKN 139 kembali menjalankan rutinitas mengajar di
SDN 4 Pasirwaru. Materi pembelajaran kali ini meliputi pelajaran Bahasa
Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), serta Seni Budaya dan
Prakarya (SBDP). Suasana kelas berlangsung penuh antusiasme, terlebih saat
pelajaran Bahasa Inggris anak-anak di bagi empat kelompok untuk menuliskan kata
dari setiap huruf yang didapatkan secara cepat dan tepat selain itu pada mata
pelajaran SBDP di mana anak-anak diajak menggambar motif Batik Kawung.
Kreativitas mereka terlihat jelas dari goresan dan warna-warna yang menghiasi
kertas gambar. Tawa dan senyum ceria siswa mewarnai pembelajaran hari ini,
membuat suasana kelas terasa menyenangkan.
Menjelang akhir kegiatan
belajar, kami mengajak anak-anak keluar ke lapangan untuk membuat konten video
sebagai penutup pembelajaran. Anak-anak terlihat gembira dan bersemangat
mengikuti arahan, sehingga hasil rekaman menjadi momen berharga untuk
diabadikan.
Selain proses belajar
mengajar di sekolah, sebagian lainnya ke kantor desa Pasirwaru untuk membantu
pendistribusian beras Bulog. Sebanyak 1.000 karung beras yang berasal dari Badan
Urusan Logistik (Bulog) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
dibagikan secara merata ke seluruh desa Pasirwaru, yang terbagi dalam 5 RW.
Setiap rumah mendapatkan 2 karung beras, dan proses distribusi berlangsung
tertib dengan bantuan aparat desa dan warga setempat.
Memasuki sore hari, kami
melakukan observasi kesenian Badawang, salah satu kesenian khas yang ada di
Desa Pasirwaru. Kegiatan ini menjadi kesempatan berharga untuk mengenal lebih
dekat budaya lokal dan proses pembuatan serta pertunjukan Badawang.
Setelah Maghrib hingga
Isya, kami mengajar di Mushola Aber. Anak-anak diajarkan membaca Iqra’ dan mengulang
hafalan doa sehari-hari. Seusai kegiatan mengajar, sebagian anggota tim
melanjutkan aktivitas di posko dengan sholat berjamaah dan membaca Al-Qur’an
bersama, menciptakan suasana malam yang penuh kekhidmatan dan kebersamaan. Hari
ini menjadi rangkaian kegiatan yang padat namun penuh makna, menggabungkan
unsur pendidikan, pelayanan masyarakat, pelestarian budaya, dan pembinaan
keagamaan dalam satu hari yang utuh.
Dokumentasi ;
Comments
Post a Comment